Kepemimpinan dan Pelayanan – 2
🪴🪴🪴🪴🪴
INSPIRASI DAKWAH USTADZ HILMI AMINUDDIN
Inspirasi UHA (205) : Kepemimpinan dan Pelayanan – 2
@ Disarikan dari pengarahan Ustadz Hilmi Aminuddin
Saya ingin menggaris bawahi bahwa pelayanan yang efektif dan efisien itu harus memenuhi lima persyaratan.
Pertama, keikhlasan dalam pelayanan.
Orang ikhlas itu tidak pernah milih-milih siapa yang dilayani. Kapan melayani tidak pernah milih-milih.
Umar bin Khattab pernah di musim panas, di tengah terik matahari, terlihat berlari-lari dan lewat di depan rumah Utsman, ternyata ia sedang mencari-cari onta zakat yang lepas.
Utsman bertanya kenapa khalifah mengejar sendiri, tidak menyuruh orang lain saja. Umar menjawab bahwa yang akan ditanya di hari kiamat bukanlah orang lain, tapi dirinya.
Jadi, tidak milih-milih—hanya melayani yang enak-enak saja, yang ada rentabilitasnya. Kalau tidak ada rentabilitas atau tidak ada timbal baliknya, jadi hilang semangatnya.
Kalau kita melihat ada orang yang memerlukan layanan kita, dan kita tahu bahwa dia minadh dhuafa, kita harus ingat, jangan-jangan orang itu diutus oleh Allah untuk menguji kita.
Di balik pelayanan kepada dia, sebetulnya rizki Allah akan datang bergelombang. Kita pun sudah banyak menerima karunia Allah.
Makanya kata Allah, wa ahsin kama ahsanallahu ilaik—berbuat baiklah sebagaimana Allah berbuat baik kepadamu. Betapa banyak ihsan Allah kepada kita, belum kita counter dengan ihsan kita kepada ibadallah (hamba-hamba Allah).
Kedua, kecepatan dalam pelayanan.
Karena dalam musibah itu yang teras sebagai pukulan telak adalah pukulan pertamanya. Kalau sudah berhari-hari, orang sudah mulai beradaptasi dengan kesulitannya. Jadi yang paling diingat adalah yang datang pertama.
Menolong di saat hari pertama musibah. Makanya dalam sistem rescue, ada yang disebut 24 jam emas untuk menolong—arba’ wa isyrin sa’ah dzahabiyah lil ighatsiyah.
Jadi kecepatan dalam pelayanan itu amat sangat penting dalam memberikan kesan dan pengaruh—ta’tsir ma’nawi, fikri, ukhrawi, dan dunyawi.
Sumber: Risalah.id
BERSAMBUNG
Comments
Post a Comment