Kepemimpinan dan Pelayanan – 3

 🪴🪴🪴🪴🪴


INSPIRASI DAKWAH USTADZ HILMI AMINUDDIN



Inspirasi UHA (206) :Kepemimpinan dan Pelayanan – 3

 

@ Disarikan dari pengarahan Ustadz Hilmi Aminuddin


Saya ingin menggaris bawahi bahwa pelayanan yang efektif dan efisien itu harus memenuhi lima persyaratan.


Ketiga, ketepatan. 


Jadi—ikhlas, cepat, dan tepat. Jangan sampai kita cepat datang tapi tidak tepat; ada orang patah kakinya, misalnya, tapi kita suapi dulu. Padahal biasanya orang dalam kondisi seperti itu boro-boro ingat makan, inginnya dirawat dulu lukanya. Jadi kecepatan dan ketepatan itu penting.


Keempat, kualitas pelayanan. 


Orang-orang yang sedang terkena musibah atau sedang membutuhkan itu posisinya yadus sufla (tangan di bawah). Kita yadul ‘ulya (tangan di atas). 


Jangan sampai pelayanannya asal-asalan, bahkan mengecewakan. Ihsan dalam pelayanan, kualitas pelayanan yang baik itu sangat penting.


Kelima, kesinambungan. 


Alhamdulillah kader-kader kita di lapangan sudah merancang strategi yang bagus. Di awal-awal rescue, kita mengobati, mengirim sembako, membantu kebutuhan-kebutuhan primer  dan dasar. 


Begitu anggaran pemerintah mulai datang, kita sudah mengalihkan sistem pelayanan kita kepada penyuluhan, khidmah ta’limiyah, khidamat irsyadiyah, kepada bimbingan, konsultasi—khidmah istisyariyah—sehingga ada kesinambungan.


Bahkan dengan itu bisa menghasilkan orang-orang yang kemudian menjadi potensi dakwah, menjadi bagian dari gerakan dakwah ini. Bermula dari alaqah ighatsiyah (interaksi pertolongan), akhirnya bisa berkembang menjadi ‘alaqah da’awiyah (interaksi dakwah). Bahkan interaksi dengan struktur dakwah.


Maka pelayanan kita menjadi bagian dari tajnid dakwah (pengkaderan dakwah) kita untuk merealisir li i’la-i kalimatillahi hiyal ‘ulya…


Sumber: Risalah.id

Comments

Popular posts from this blog

Ringkasan Risalah Al-Aqa'id Hasan Al-Banna

Dokumentasi Sesi Akhir dan Wisuda Sekolah Pembina Batch #1 dan #2 tgl 26 Januari 2025

Kedudukan, Fungsi, dan Tujuan Halaqah dalam Dakwah dan Harakah